AAJI Daily News - 12 Juli 2019


Tanggal terbit (12 / 07 / 2019)

FM-CC-AAJI-06-001

Jum’at, 12 Juli 2019

HEADLINE NEWS

  1. Tuan yang Belum Jaya di Rumah Sendiri
  2. Tertanggung Asuransi Jiwa Menurun
  3. Melek Pemasaran Digital
  4. Sun Life Tergetkan Premi Tumbuh Double Digit
  5. Perkenalkan Dua Unit Link Unggulan. Kuartal I, Aset Hanwha Life Rp 2,05 T
  6. China Life Luncurkan Produk Dwiguna Individu Berbasis Renminbi
  7. Berita Foto: Live Healthier Lives

INDUSTRI ASURANSI JIWA

Tuan yang Belum Jaya di Rumah Sendiri

Perusahaan-perusahaan asuransi jiwa patungan atau joint venture tercatat semakin unggul dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan nasional. “Wajah” asuransi nasional yang dalam beberapa waktu terakhir di rundung masalah pun dinilai melemahkan pandangan terhadap pelaku lokal. Berdasarkan data kinerja keuangan industry Asuransi jiwa yang dihimpun oleh Bisnis, 10 besar perusahaan Asuransi jiwa di dalam negeri didominasi oleh perusahaan joint venture.

Mengacu laporan kinerja 2017, dari seluruh perusahaan yang masuk daftar 10 besar berdasarkan asset, sebanyak enam di antaranya merupakan perusahaan joint venture. Keenamnya yakni PT Prudential Life Assurance, PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia, PT AIA Financial, PT Asuransi Allianz Life Indonesia, PT AXA Mandiri Financial Services, dan PT Asuransi Jiwa Sequis Life.

Bisnis Indonesia – 12/07/2019, Hal. 18

Tertanggung Asuransi Jiwa Menurun

Kehadiran BPJS Kesehatan pangkas jumlah tertanggung. Kehadiran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial BPJS Kesehatan menohok bisnis asuransi jiwa. Tertanggung di industri asuransi jiwa menurun, utamanya dari asuransi kumpulan. Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat, hingga kuartal 1 2019, total tertanggung industri asuransi jiwa sebesar 53 juta orang. “Jumlah ini mengalami perlambatan 9,1% secara tahunan dari posisi yang sama tahun lalu 58 juta orang,” ujar Kepala Departemen Komunikasi Nini Sumohandoyo.

Kontan – 12/07/2019, Hal. 20

Melek Pemasaran Digital

Pemain asuransi jiwa mulai gencar memasarkan produk secara digital. Langkah ini menjadi salah satu cara untuk terus meningkatkan premi. Beberapa pemain memang mengaku pemasaran secara digital belum maksimal menghasilkan. Namun cara itu harus terus digenjot untuk menjawab keinginan konsumen saat ini. Misalnya PT Capital Life yang memasarkan produk asuransi perusahaan secara digital melalu kanal Futuready.com yang dikelola oleh PT Futuready Insurance Broker .”Capital Life baru mengumpulkan sekitar 100 pemegang polis masih kecil, tapi saya yakin ke depannya akan tumbuh, “ ujal Direktur Capital Life Robin Winata.

Kontan – 12/07/2019, Hal. 20

Sun Life Tergetkan Premi Tumbuh Double Digit

PT Sun Life Financial Indonesia menargetkan pertumbuhgan premi mencapai double digit hingga akhir tahun ini. Target tersebut akan dicapai dengan cara multidistribusi dan melalui kontribusi produk unit link. Presiden Direktur Sun Life Indonesia Elin Waty mengatakan, beberapa produk tercatat telah menyumbang porsi yang signifikan sepanjang semester I-2019. Hingga akhir tahun ini pihaknya pun memproyeksi pendapatan premi dapat mencapai double digit, “Bagus pokoknya, double digit,” kata Elin di Jakarta, Kamis (11/7).

Investor Daily – 12/07/2019, Hal. 23

Perkenalkan Dua Unit Link Unggulan. Kuartal I, Aset Hanwha Life Rp 2,05 T

PT Hanwha Life Insurance Indonesia (Hanwha Life) mencatatkan total asset sebesar Rp 2,05 triliun pada kuartal I-2018. Sementara itu, total investasi senilai Rp 1,9 triliun dan hasil investasi Rp 32,23 miliar. Sampai periode tersebut tingkat solvabilitas (risk based capital/RBC) Hanwha Life sebesar 5.524,56%, serta membayar klaim nasabah dan manfaat sebesar 8,88 miliar kepada nasabah. Hingga 31 Maret 2019, Hanwha Life memiliki 14 kantor pemasaran serta melayani lebih dari 14.000 polis.

Investor Daily – 12/07/2019, Hal. 23

China Life Luncurkan Produk Dwiguna Individu Berbasis Renminbi

PT China Life Insurance Indonesia meluncurkan asuransi dwiguna individu pertama dalam mata uang renminbi (RMB) di pasar Asuransi Jiwa Indonesia, yakni CLII Privilege Insurance Plan. Upaya perseroan ini untuk mendukung proses internasionalisasi mata uang RMB, dalam menyediakan lebih banyak opsi alokasi asset terhadap konsumen dan memberikan opsi proteksi risiko yang lebih beragam ke pasar.

Investor Daily – 12/07/2019, Hal. 24

Berita Foto: Live Healthier Lives

Investor Daily – 12/07/2019, Hal. 24

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.118

IHSG (per 11 Juli 2019)

6.417,07

BI Rate (per 17 Maret 2016)

6,75%


Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Bisnis Indonesia, Kontan, Investor Daily

DOWNLOAD PDF