AAJI Daily News - 15 Oktober 2020


Tanggal terbit (15 / 10 / 2020)

Kamis, 15 Oktober 2020  

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. AAJI Minta Pemerintah Siapkan SBN Khusus untuk Asuransi Jiwa
  2. Tips Pilih Asuransi Covid-19, Perhatikan Tiga Hal Penting Ini!
  3. 3 Tips Memilih Asuransi untuk Covid-19 dari Aidil Akbar
  4. Media Korea Selatan Soroti Gagal Bayar Jiwasraya
  5. Kejagung Berharap Aset Sitaan Kasus Jiwasraya Dikembalikan ke Negara
  6. Kejagung Periksa Tiga Saksi dan Satu Perwakilan Tersangka Korporasi Kasus Jiwasraya
  7. Wih! ASII Borong Saham Aviva di Astra Life
  8. Bentjok Negatif Covid, Besok Jalani Sidang Tuntutan Jiwasraya
  9. Aviva Hengkang, Grup Astra Borong Saham Asuransi Astra Life
  10. Komisi III DPR Berharap Terdakwa Kasus Jiwasraya Benny Tjokro dan Heru Hidayat Segera Diadili

TENTANG AAJI

AAJI Minta Pemerintah Siapkan SBN Khusus untuk Asuransi Jiwa

AAJI berharap pemerintah bisa menyiapkan SBN khusus untuk industri asuransi jiwa. Karena kini egativet tersebut dinilai langka untuk asuransi jiwa dapat memenuhi porsi kewajiban 30% terhadap total egative investasi. Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu menyampaikan, meningkatnya minat asuransi jiwa terhadap egativet investasi SBN telah tercermin dari pergeseran egative investasi di semester I-2020. egative saham dan reksa dana mulai dialihkan ke egativet SBN dan sukuk korporasi karena kondisi pasar modal di Indonesia kurang kondusif selama semester I-2020.

Investor.id / 13-10-2020

Tips Pilih Asuransi Covid-19, Perhatikan Tiga Hal Penting Ini!

Perencana keuangan sekaligus Chairman & President Asosiasi Perencana Keuangan International Association of Register Financial Consultant (IARFC) Indonesia Aidil Akbar Madjid mengungkapkan setidaknya ada tiga tips yang bisa diterapkan masyarakat untuk memilih asuransi Covid-19 ini; pastikan perusahaan yang dipilih merupakan perusahaan asuransi terpercaya dan jauh dari track record egative, memastikan rincian manfaat dari produk tersebut dan jangan sampai di tengah penurunan ekonomi ini masyarakat tergoda memilih asuransi dengan bujet terlalu besar dari pendapatannya.

Bisnis.com / 13-10-2020

3 Tips Memilih Asuransi untuk Covid-19 dari Aidil Akbar

Perencana keuangan sekaligus Chairman & President Asosiasi Perencana Keuangan International Association of Register Financial Consultant (IARFC) Indonesia Aidil Akbar Madjid mengungkapkan setidaknya ada tiga tips yang bisa diterapkan masyarakat untuk memilih asuransi Covid-19 ini; pastikan perusahaan yang dipilih merupakan perusahaan asuransi terpercaya dan jauh dari track record egative, memastikan rincian manfaat dari produk tersebut dan jangan sampai di tengah penurunan ekonomi ini masyarakat tergoda memilih asuransi dengan bujet terlalu besar dari pendapatannya.

Teras.id / 14-10-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Media Korea Selatan Soroti Gagal Bayar Jiwasraya

Kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya disorot media Korea Selatan, Yonhap News TV melalui reporter Lee Dong-hoon, yang membahas latar belakang permasalahan hingga proses penyelesaian oleh pemerintah yang dinilai lamban. Dong-hoon mengabarkan pada 2016 Jiwasraya produk asuransi melalui anak perusahaan lokal KEB Hana Bank. Setidaknya 470 warga Korea Selatan menginvestasikan 50 miliar won Korea. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tidak mampu bertindak banyak karena Jiwasraya merupakan perusahaan milik pemerintah. Anggota DPR Korea Selatan Lee Yong-seon pun turut menganggapi persoalan tersebut.

Investor Daily, hal. 23/ 15-10-2020

Kejagung Berharap Aset Sitaan Kasus Jiwasraya Dikembalikan ke Negara

Kejaksaan Agung (Kejagung) berharap aset sitaan pada perkara tindak pidana korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) bisa dikembalikan seluruhnya kepada negara. Hal itu sejalan dengan harapan jaksa penuntut umum (JPU) agar dana nasabah Jiwasraya pun dapat dikembalikan. Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidus) Kejagung Febrie Adriansyah menyampaikan, hakim sudah memutus hukuman bagi empat terdakwa kasus Jiwasraya. Terbaru, pihaknya telah mentapkan Pieter Rasiman (PR) menjadi tersangka. Kejagung telah menyampaikan bahwa aset sitaan dari skandal Jiwasraya itu tercatat mencapai Rp 18,4 triliun. Nilai itu melebihi dugaan kerugian negara yang dipaparkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebesar Rp 16,8 triliun.

Investor Daily, hal. 13/ 15-10-2020

Kejagung Periksa Tiga Saksi dan Satu Perwakilan Tersangka Korporasi Kasus Jiwasraya

Tim Jaksa Penyidik pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejagung embali melakukan pemeriksaan terhadap tiga orang saksi dan satu orang yang mewakili Tersangka Korporasi yang terkait dalam perkara tindak pidana korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi pada PT. Asuransi Jiwasraya (persero). Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Hari Setiyono, menjelaskan, saksi yang diminta keterangannya yakni saksi untuk Tersangka Korporasi PT. Corfina Capital, atas nama Sukanto selaku Direktur PT. Waterfront Sekuritas Indonesia.

Beritasatu.com / 14-10-2020

Wih! ASII Borong Saham Aviva di Astra Life

Akuisisi saham Aviva Plc. dari Inggris oleh PT Astra International Tbk. (ASII) segera direalisasikan. Astra akan membeli saham Aviva Plc. yang ada di PT Astra Aviva Life (Astra Life). Astra dan Aviva menguasai saham Astra Life dengan komposisi sama besar. Yakni Astra International sebesar 49,999962 persen, Aviva Holdings International Ltd. (Aviva) sebesar 49,999962 persen, dan Koperasi Astra International (KAI) sebesar 0,000076 persen. Dalam akuisisi ini Astra menunjuk Sedaya Multi Investama (SMI) untuk mengambil alih seluruh saham Aviva.

Bisnis.com / 14-10-2020

Bentjok Negatif Covid, Besok Jalani Sidang Tuntutan Jiwasraya

Benny Tjokrosaputro, terdakwa kasus PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang juga Direktur Utama PT Hanson International Tbk (MYRX) sudah sembuh dari Covid-19. Kuasa hukum Benny Tjokro, Muchtar Arifin menuturkan kliennya akan menjalani sidang tuntutan pada Kamis besok, 15 Oktober 2020 yang dihelat di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jalan Bungur.

Cnbcindonesia.com / 14-10-2020

Aviva Hengkang, Grup Astra Borong Saham Asuransi Astra Life

Grup Astra melalui anak usahanya, PT Sedaya Multi Investama (SMI) akan menjadi perusahaan yang menyerap saham Aviva Plc tersebut di Astra Life. SMI berencana untuk membeli seluruh saham yang dimiliki oleh Aviva International Holdings Limited di dalam Astra Life yaitu sebanyak 661.720 saham yang mewakili 49,99% kepemilikan. Setelah pengambilalihan ini, maka komposisi kepemilikan saham Astra Life masing-masing sebesar 49,99% digenggam oleh Astra International dan SMI. Sedangkan sisanya digenggam Koperasi Astra International.

Cnbcindonesia.com / 14-10-2020

Komisi III DPR Berharap Terdakwa Kasus Jiwasraya Benny Tjokro dan Heru Hidayat Segera Diadili

Anggota Komisi III DPR RI I Wayan Sudirta berharap majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat segera menggelar sidang penuntutan dan vonis dua terdakwa kasus dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) atas Direktur Utama PT Hanson International Benny Tjokrosaputro dan Komisaris sekaligus pemilik PT Trada Alam Minera Heru Hidayat yang tertunda karena positif Covid-19. Menurutnya, penundaan bisa membuat khawatir publik karena empat terdakwa lain telah menerima vonis majelis hakim, sedangkan Benny dan Heru belum menerima tuntutan JPU.

Tribunnews.com / 14-10-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.718

IHSG (per 14 Oktober 2020)

   5.176,09

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Investor Daily, Investor.id, Koran Sindo, Bisnis.com, Beritasatu.com, Cnbcindonesia.com, Detik.com, Sindonews.com, Tribunnews.com, Teras.id

DOWNLOAD PDF