AAJI Daily News - 16 September 2020


Tanggal terbit (16 / 09 / 2020)

Rabu, 16 September 2020  

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. Unit-Linked Bawa Angin Segar
  2. Relaksasi Penjualan Unit-Linked Dinilai Bawa Angin Segar bagi Asuransi Jiwa
  3. AAJI Minta Pemerintah Bantu Promosi Asuransi dan Dana Pensiun
  4. [Foto] Perolehan Premi Allianz
  5. Allianz Indonesia Raih CX-SQ Award 2020 dan Gelar Rangkaian Program eAZy di Rumah Aja
  6. WanaArtha Life Menyehatkan Keuangan
  7. Benny Tjokro Bantah Aksi Goreng Saham MYRX
  8. Kasus Jiwasraya, Benny Tjokrosaputro Bantah Goreng Saham Hanson International
  9. Korupsi Jiwasraya, Kejagung Periksa Dirut PT Trimegah Sekuritas
  10. Sri Mulyani Siapkan Rp 20 T Bantu Jiwasraya di 2020
  11. PSBB Jakarta, pembayaran premi asuransi jiwa diprediksi seret
  12. FWD Life meluncurkan asuransi kanker online FWD Cancer Protection
  13. RS Didesak Daftarkan Tenaga Kesehatan di Asuransi Jiwa

TENTANG AAJI

Unit-Linked Bawa Angin Segar

Berdasarkan Statistik Asuransi OJK, perolehan premi pada Juni 2020 tercatat senliai Rp15,41 triliun. Perolehan premi bulanan itu merupakan yang tertinggi pada tahun ini dan berhasil tumbuh dari titik terendah pada April 2020 senilai Rp11,19 triliun. Direktur AAJI Togar Pasaribu meyakini bahwa pertumbuhan perolehan premi itu cukup dipengaruhi oleh adanya relaksasi pemasaran PAYDI atau unit-linked secara digital. Togar menjelaskan bahwa relaksasi pemasaran unit-linked menjadi salah satu harapan industri asuransi untuk menggenjot kinerja pada paruh kedua tahun ini.

Bisnis Indonesia / 16-09-2020 Hal. 15

Relaksasi Penjualan Unit-Linked Dinilai Bawa Angin Segar bagi Asuransi Jiwa

Berdasarkan Statistik Asuransi OJK, perolehan premi pada Juni 2020 tercatat senliai Rp15,41 triliun. Perolehan premi bulanan itu merupakan yang tertinggi pada tahun ini dan berhasil tumbuh dari titik terendah pada April 2020 senilai Rp11,19 triliun. Direktur AAJI Togar Pasaribu meyakini bahwa pertumbuhan perolehan premi itu cukup dipengaruhi oleh adanya relaksasi pemasaran PAYDI atau unit-linked secara digital.

Bisnis.com / 15-09-2020

AAJI Minta Pemerintah Bantu Promosi Asuransi dan Dana Pensiun

Direktur AAJI Togar Pasaribu menilai bahwa semestinya pemerintah mendorong proteksi masyarakat saat risiko penyebaran Covid-19 semakin tinggi seiring terus meningkatnya catatan kasus positif di Indonesia. Dia menilai bahwa jika pemerintah turut andil mempromosikan asuransi, masyarakat akan menjadi lebih sejahtera dan perekonomiannya lebih terjaga. Hal tersebut seperti yang terjadi di sejumlah negara maju dengan kontribusi asuransi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) yang cukup besar.

Bisnis.com / 15-09-2020

INDUSTRI & ASURANSI

[Foto] Perolehan Premi Allianz

Pada kuartal II/2020 Allianz mencatatkan pencapaian positif dengan perolehan premi Rp6,65 triliun. Jumalah tersebut meningkat 25,4% yoy dibandingkan dengan perolehan premi kuartal II/2019 senilai Rp5,21 triliun.

Bisnis Indonesia / 16-09-2020 Hal. 15

Allianz Indonesia Raih CX-SQ Award 2020 dan Gelar Rangkaian Program eAZy di Rumah Aja

Allianz Life Indonesia membuktikan komitmen memberikan layanan terbaik kepada nasabah dengan Kembali meraih penghargaan Customer Experience Service Quality Award 2020 kategori Diamond untuk ketiga kalinya sejak 2018. Selain itu, dalam merayakan Hari Pelanggan Nasional dan Hari Asuransi 2020, Allianz Indonesia menggelar program eAZy di Rumah Aja selama Agustus hingga Oktober 2020, di antaranya melalui Webinar Edukasi Memilih Investasi di Saat Pandemi.

Kompas / 16-09-2020 Hal. 10

WanaArtha Life Menyehatkan Keuangan

PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha masih menggodok kepastian kapan klaim nasabah segera dibayar. Hingga saat ini, manajemen masih membahas rencana penyehatan keuangan (RPK) termasuk suntikan modal dari pemegang saham. Head of Corporate Marketing and Communication Wanaartha Life, Mustain mengatakan jika pihaknya saat ii fokus pada upaya agar aset yang disita Kejagung bisa dikembalikan ke perusahaan dan bisa segera membuat skema pemenuhan hak-hak nasabah.

Kontan / 16-09-2020 Hal. 10

Benny Tjokro Bantah Aksi Goreng Saham MYRX

Benny Tjokrosaputro membantah adanya aksi pump and dump (goreng saham) saham PT Hanson International Tbk (MYRX) miliknya pada Agustus 2016. Benny menyebut, saat itu MYRX merealisasikan stock split dengan rasio 1:5. Artinya, nilai saham itu dipecah menjadi lima kali lebih kecil dibandingkan harga saat itu. Sebelum stock split, harga saham MYRX mencapai Rp 600-an per lembar saham. Setelah melakukan aksi korporasi itu nilainya berkisar Rp 120 hingga Rp 130 per lembar saham. Benny menegaskan, tidak ada goreng saham yang dilakukan oleh pihaknya.

Suara Pembaruan / 16-09-2020 Hal. 4

Kasus Jiwasraya, Benny Tjokrosaputro Bantah Goreng Saham Hanson International

Benny Tjokrosaputro membantah adanya aksi pump and dump (goreng saham) saham PT Hanson International Tbk (MYRX) miliknya pada Agustus 2016. Benny menyebut, saat itu emiten tersebut merealisasikan aksi korporasi berupa stock split atau pemecahan nilai saham dengan rasio 1:5. Artinya, nilai saham itu dipecah menjadi lima kali lebih kecil dibandingkan harga saat itu. Sebelum stock split, harga saham MYRX mencapai Rp 600-an per lembar saham. Setelah melakukan aksi korporasi itu nilainya berkisar Rp 120 hingga Rp 130 per lembar saham.

Beritasatu.com / 15-09-2020

Korupsi Jiwasraya, Kejagung Periksa Dirut PT Trimegah Sekuritas

Penyidik Kejagung memeriksa Direktur Utama PT Trimegah Sekuritas Stephanus Turangan terkait perkara tindak pidana korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Hari Setiyono menjelaskan tim penyidik periksa Stephanus Turangan untuk mendalami sejauh mana peran saksi dalam menjalankan perusahaannya serta kaitannya dengan jual-beli saham dari pengelolaan keuangan dan dana investasi pada Asuransi Jiwasraya yang terjadi di Bursa Efek Indonesia.

Bisnis.com / 15-09-2020

Sri Mulyani Siapkan Rp 20 T Bantu Jiwasraya di 2020

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyiapkan anggaran sebesar Rp 20 triliun untuk membantu penyelesaian klaim PT Asuransi Jiwasraya (Persero) pada 2021. Anggaran ini ditetapkan dalam bentuk Penyertaan Modal Negara (PMN) di PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) atau BPUI. Bantuan kepada Jiwasraya berupa PMN ini akan masuk ke BPUI sebesar Rp 20 triliun. Anggaran BPUI ini naik dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp 6,28 triliun.

Cnbcindonesia.com / 15-09-2020

PSBB Jakarta, pembayaran premi asuransi jiwa diprediksi seret

Kebijakan Pemprov DKI Jakarta memperlakukan PSBB diprediksi dapat memberikan pukulan ke industri asuransi jiwa. PT BNI Life melihat ada kemungkinan nasabah bakal menunda/menghentikan pembayaran premi seiring dengan menurunnya kemampuan finansial nasabah akibat pandemi Covid-19. Direktur BNI Life Neny Asriani mengatakan, perusahaan telah berupaya memberikan solusi terbaik; memberikan masa tenggang waktu pembayaran premi 60-90 hari tergantung produk. Bahkan beberapa produk dapat dilakukan penyesuaian besaran premi sesuai kemampuan nasabah.

Kontan.co.id / 15-09-2020

FWD Life meluncurkan asuransi kanker online FWD Cancer Protection

PT FWD Life Indonesia meluncurkan produk asuransi kanker online yang terjangkau, FWD Cancer Protection, yang hadir dengan proses digital end-to-end. Produk ini memberikan 4 kemudahan dalam prosesnya mulai dari pengajuan online yang mudah melalui website e-commerce FWD Life, iFWD.co.id, hingga klaim secara online yang mudah di satu aplikasi FWD MAX serta memberikan manfaat 100% uang pertanggungan apabila didiagnosis kanker, termasuk kanker stadium awal, dan bisa didapatkan dengan premi yang terjangkau mulai dari Rp10.000 per bulan.

Kontan.co.id / 15-09-2020

RS Didesak Daftarkan Tenaga Kesehatan di Asuransi Jiwa

Tiap rumah sakit (RS) didesak mendaftarkan tenaga kesehatan di program asuransi jiwa yang telah tersedia. Kementerian BUMN menunjuk AXA Mandiri sebagai induk perusahaan asuransi untuk tenaga kesehatan di garda terdepan penangangan pandemi. Ia mengajak semua pihak terus instrospeksi diri dan memperbaiki sistem yang sudah berjalan. Semua elemen harus terlibat untuk meningkatkan keselamatan tenaga kesehatan sebagai garda terdepan penanganan Covid-19.

Medcom.id / 15-09-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.845

IHSG (per 15 September  2020)

   5.100,86

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Bisnis Indonesia, Kompas, Kontan, Suara Pembaruan, Bisnis.com, Cnbcindonesia.com, Detik.com, Kontan.co.id, Liputan6.com, Medcom.id.

 

DOWNLOAD PDF