AAJI Daily News - 19 November 2020


Tanggal terbit (19 / 11 / 2020)

Kamis, 19 November 2020

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. 6 Asosiasi Jasa Keuangan Gelar Webinar untuk Berikan Perlindungan Konsumen
  2. Rugi Akibat Kejahatan Siber Tembus Rp8.160 Triliun
  3. Transformasi Jiwasraya untuk Selamatkan Polis Nasabah
  4. Generali Bayarkan Klaim Covid-19 Rp 28,6 Miliar
  5. Manulife Indonesia Hadirkan MiSSION, Solusi 3 in 1 Berbasis Syariah
  6. Allianz Syariah Merekah
  7. Usai Caplok Saham Aviva di Astra Life, Apalagi Rencana Astra International (ASII)?
  8. AFPI Catat Penyaluran Pinjol Kembali ke Level Sebelum Pandemi
  9. Manulife Aset Gandeng Raiz Invest Pasarkan 2 Reksa Dana Syariah
  10. Cegah Peningkatan Prevalensi PTM Lewat Fitur Baru di Aplikasi Pulse
  11. Polisi: Kepala Cabang Maybank Cipulir Akui Ada Aliran Dana ke Prudential
  12. Bisnis unit syariah Allianz Life masih tumbuh di tengah pandemi
  13. DPR Minta KPK Turun Tangan Selidiki Kasus Gagal Bayar Sektor Keuangan
  14. Ekonomi Syariah Bisa Pulihkan Perekonomian Indonesia
  15. Manulife Gandeng Raiz Invest Pasarkan Reksa Dana Syariah
  16. DPR Dorong KPK Bongkar Kebobrokan Industri Keuangan Terlebih Asuransi
  17. Kisah Perusahaan Raksasa: Gejolak Perang Justru Lahirkan Prudential yang Bisnisnya Kian Merajalela

TENTANG AAJI

6 Asosiasi Jasa Keuangan Gelar Webinar untuk Berikan Perlindungan Konsumen

IMA berinisiatif menyelenggarakan webinar dan bekerjasama dengan OJK dan melibatkan para pelaku sektor keuangan di Indonesia. Adapun yang mengikuti Webinar ini adalah Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA), Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI), Asosiasi Fintech Pendanaan Indonesia (AFPI), AAUI dan AAJI, hingga Asosiasi Modal Ventura Indonesia (AMVI) yang semuanya hadir untuk membagikan informasi dan pengetahuan baru bagi masyarakat Indonesia tentang literasi keuangan dan perlindungan konsumen, khususnya di era digital.

Garduoto.com / 18-11-2020

Rugi Akibat Kejahatan Siber Tembus Rp8.160 Triliun

OJK mencatat setiap tahun kerugian yang ditimbulkan akibat kejahatan siber mencapai Rp8.160 triliun. Hal ini terjadi seiring maraknya bermunculan investasi bodong dan fintech illegal. Menurut Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi Tirta Segara, OJK harus melindungi kedua sisi, yaitu konsumen serta lembaganya sehingga akhirnya akan diperoleh peningkatan tingkat kepercayaan bagi semua stakeholders jasa keuangan tersebut. Oleh sebab itu, program perlindungan konsumen di era digital menjadi semakin penting dan krusial.

Sindonews.com / 18-11-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Transformasi Jiwasraya Untuk Selamatkan Polis Nasabah

Direktur Kepatuhan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Jiwasraya R Mahelan Prabantarikso menyampaikan, sejak dipercaya membenahi perusahaan pada Januari 2019, terdapat sejumlah transformasi yang dilakukan manajemen baru Jiwasraya. Pihaknya juga perlu menyiapkan pendanaan untuk mendukung kegiatan tersebut. Selain sumber pendanaan yang menjadi solusi atas masalah fundamental Jiwasraya, transformasi perusahaan ini juga menjadi poin penting di dalam penyelamatan polis, hingga akhirnya seluruh polis Jiwasraya bisa diselamatkan dan dipindahkan ke IFG Life.

Investor Daily / 19-11-2020 Hal. 23

Generali Bayarkan Klaim Covid-19 Rp 28,6 Miliar

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia telah membayarkan klaim terkait Covid-19 sampai Oktober 2020 sebesar Rp28,6 miliar. Sementara itu, total klaim yang telah dibayarkan perseroan mencapai Rp526,7 miliar. Data Generali memaparkan, total nilai klaim itu dibayarkan kepada 147 polis. Sedangkan nilai klaim terkait Covid-19 dibayarkan kepada 274 polis. Direktur dan Chief Operation Officer Generali Indonesia Jutany Japit menyampaikan, pihaknya selalu mengutamakan nasabah dalam berbagai aspek, termasuk memenuhi janji dalam hal klaim.

Investor Daily / 19-11-2020 Hal. 23

Manulife Indonesia Hadirkan Mission, Solusi 3 in 1 Berbasis Syariah

Manulife Indonesia kembali menegaskan komitmennya guna memenuhi kebutuhan proteksi bebasis Syariah dengan meluncurkan MiSmart Insurance Solution (MiSSION) Syariah. Solusi perlindungan jiwa Syariah ini tersedia mulai dari Rp300 ribuan per bulan. Karjadi Pranoto, Direktur dan Chief of Employee Benefits and Sharia Distribution, Manulife Indonesia mengatakan, MiSSION Syariah adalah solusi 3-in-1 yang mengedepankan prinsip Syariah sekaligus menyediakan perlindungan jiwa dan investasi, dengan perlindungan kesehatan sebagai asuransi tambahan.

Kompas / 19-11-2020 Hal. 10

Allianz Syariah Merekah

Unit Syariah PT Asuransi Allianz Life Indonesia masih mencatatkan kinerja positif di tengah pandemi. Merujuk laporan keuangan kuartal III-2020, pendapatan premi neto senilai Rp1,21 triliun. Nilai tersebut tumbuh 44,97% dibandingkan September 2019 senilai Rp835,79 miliar. Yoga Prasetyo, Pimpinan Unit Usaha Syariah, Allianz Indonesia mengatakan, Allianz Syariah juga aktif memberikan pemahaman dan informasi kepada masyarakat tentang ekonomi maupun asuransi Syariah melalui para tenaga pemasar dan sejumlah kegiatan seperti seminar online.

Kontan / 19-11-2020 Hal. 10

Usai Caplok Saham Aviva di Astra Life, Apalagi Rencana Astra International (ASII)?

Astra International melalui PT Sedaya Multi Investama melaporkan telah mengakuisisi 49,99 saham Astra Aviva Life pada Selasa (17/11). Setelah transaksi, emiten ASII itu naik menjadi 99,99 persen. Head of Corporate Communications Astra International Boy Kelana Soebroto mengungkapkan dana untuk akuisisi Astra Life bersumber dari pendanaan internal perseroan. Setelah akuisisi ini, Astra Life tidak lagi menjadi perusahaan joint venture tetapi menjadi anak perusahaan Astra sehingga diharapkan Astra Life dapat berkontribusi terhadap laba Grup Astra pada jangka panjang.

Bisnis.com / 18-11-2020

Cegah Peningkatan Prevalensi PTM Lewat Fitur Baru di Aplikasi Pulse

Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menunjukkan bahwa gaya hidup masyarakat Indonesia, khususnya di masa pandemi Covid-19, mendorong meningkatnya prevalensi penyakit tidak menular (PTM). Untuk membantu publik mencegah hal tersebut, Prudential melakukan upgrade pada aplikasi Pulse dengan mengeluarkan fitur baru yang diharapkan bisa membantu penggunanya mengelola kesehatan. Fitur ini dapat diakses melalui Pulse Elite – Bugar Plan dengan biaya yang terjangkau, yakni Rp 39.900 per bulan.

Jawapos.com / 18-11-2020

Polisi: Kepala Cabang Maybank Cipulir Akui Ada Aliran Dana ke Prudential

Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Brigjen (Pol) Helmy Santika membeberkan, Kepala Cabang Maybank Cipulir berinisial A mengakui adanya aliran dana terkait pembayaran asuransi ke PT Prudential Life Assurance. Ia menjelaskan, aliran ke Prudential sebesar Rp 6 miliar diakui oleh tersangka dan terhadap pengajuan Prudential tersebut dilakukan dengan cara pemindahbukuan atas nama Winda ke rekening yang sudah ditandatangani oleh Winda sebelumnya. Tersangka melakukannya guna memenuhi target cabang agar membesarkan namanya serta demi keuntungan pribadi.

Kompas.com / 18-11-2020

Bisnis unit syariah Allianz Life masih tumbuh di tengah pandemic

Unit syariah PT Asuransi Allianz Life Indonesia masih mencatatkan kinerja positif di tengah pandemi. Merujuk laporan keuangan pada kuartal III 2020, pendapatan premi atau kontribusi neto Allianz Life senilai Rp 1,21 triliun. Nilai itu tumbuh 44,97% yoy dibandingkan September 2019 senilai Rp 835,79 miliar. Allianz terus berinovasi untuk memperkuat posisi di dalam segmen pasar yang potensial di Indonesia dan mendukung program pemerintah dalam meningkatkan penetrasi asuransi, khususnya asuransi jiwa syariah.

Kontan.co.id / 18-11-2020

DPR Minta KPK Turun Tangan Selidiki Kasus Gagal Bayar Sektor Keuangan

Komisi III DPR meminta KPK untuk turun tangan menyelidiki maraknya kasus gagal bayar di sektor industri keuangan. Anggota Komisi III DPR, Trimedya Panjaitan mengatakan, maraknya kasus gagal bayar di industri keuangan harus dituntaskan. Untuk itu, politikus PDI Perjuangan ini meminta lembaga antirasuah turun tangan menangani kasus tersebut. Trimedya juga mendorong KPK untuk menelusuri lemahnya pengawasan OJK sehingga terjadi maraknya gagal bayar di sektor ini.

Merahputih.com / 18-11-2020

Ekonomi Syariah Bisa Pulihkan Perekonomian Indonesia

Berbicara mengenai ekonomi Syariah berarti bicara inklusi ekonomi, keuangan dan bisnis. Ekonomi Syariah itu rahmatan lil alamin, bermanfaat bagi semua. Keyakinan yang sama juga dimiliki oleh Allianz Life Syariah. Ekonomi Syariah di Indonesia memiliki peran dalam pemulihan ekonomi. Menurut data Global Islamic Finance Report 2019, Indonesia menduduki peringakat pertama dalam pasar keuangan syariah global. Yoga Prasetyo, Pimpinan Unit Usaha Syariah Allianz Life Indonesia mengatakan, di tengah pandemi Allianz Life Syariah masih mencatat pertumbuhan hampir 5%. 

Pikiran-rakyat.com / 18-11-2020

DPR Dorong KPK Bongkar Kebobrokan Industri Keuangan Terlebih Asuransi

Anggota DPR Komisi XI, Wihadi Wiyanto meminta KPK dapat membongkar kekusutan sektor keuangan yang belakangan banyak terjadi di lembaga asuransi. Menurut Wihadi, lembaga anti rasuah itu dapat masuk untuk mengusut kasus-kasus yang ada dengan memeriksa kebocoran sistem pengawasan OJK. Ia mengatakan, kalau ada penyelewengan oleh oknum OJK, tentu KPK dapat mengusut dan membongkar kebobrokan industri keuangan.

Suara.com / 18-11-2020

Kisah Perusahaan Raksasa: Gejolak Perang Justru Lahirkan Prudential yang Bisnisnya Kian Merajalela

Hingga dekade 1880-an, industri asuransi Inggris pada saat itu berkembang pesat. Dalam industri yang kompetitif ini, bertahan hidup adalah pencapaian. Tekad kuat Prudential membawanya masuk ke sejumlah negara di Asia pada tahun-tahun 1990-an itu. Perjalanan panjang korporasi ke berbagai negara pun akhirnya berlabuh ke Tanah Air. Prudential Indonesia menyediakan berbagai produk dan layanan yang dirancang memenuhi dan melengkapi masyarakat Tanah Air. Yang membuat perusahaan ini semakin dikenal adalah metode mereka yang menyesuaikan kebutuhan pasar Indonesia.

Wartaekonomi.co.id / 18-11-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.070

IHSG (per 18 November 2020)

 5.227,52

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Investor Daily, Kompas, Kontan, Beritasatu.com, Bisnis.com, Cnbcindonesia.com, Cnnindonesia.com, garduiti.com, Investor.id, Jawapos.com, Kompas.com, Kontan.co.id, Merahputih.com, Pikiran-rakyat.com, Republika.co.id, Suara.com, Wartaekonomi.co.id.

DOWNLOAD PDF