AAJI Daily News - 22 Oktober 2021


Jum’at 22 Oktober 2021                                                                                                                                    

FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

  1.     AAJI: Inklusi Asuransi Bantu Pemulihan Ekonomi
  2.     AAJI: Hanya 6,5 Persen Penduduk Indonesia Miliki Asuransi Jiwa
  3.     AAJI: Peningkatan Inklusi Asuransi Perkuat Pemulihan Ekonomi Masyarakat
  4.     Asuransi Unit Link Dikeluhkan Masyarakat, Pimpinan DPR Minta Polisi Tindak Tegas
  5.     DPR Soroti Kasus Kerugian Investasi Nasabah Asuransi yang Terhubung dengan Produk
  6.     Wakil Ketua DPR Minta Polri Tindak Tegas Asuransi Unit Link
  7.     Dasco Desak Polri Tindak Tegas Asuransi
  8. Masyarakat Keluhkan Produk Asuransi Unit Link, Pimpinan DPR Minta Polri Tindak Tegas
  9. Pimpinan DPR Terima Aduan soal Unit Link, Minta Polri Bergerak
  10. Produk Asuransi Unit Link DikeluhkanMasyarakat
  11. Asuransi Unit Link Ini Berikan Perlindungan Jiwa hingga Usia 100 Tahun
  12. Pahami Kebutuhan Diri Sebelum Membeli Produk Asuransi
  13. Mau Beli Asuransi Unit Link? Pahami Dulu Alokasi Biaya dari Preminya
  14. Pembatalan Polis Masih Terus Mendaki
  15. Klaim tebus polis asuransi jiwa masih terus meningkat di tengah pandemi
  16. Bujet Ideal dari Gaji untuk Beli Asuransi
  17. Menilik Pentingnya Asuransi Bagi Generasi Sandwich
  18. Ini Yang Terjadi Jika Perusahaan Asuransi Bangkrut
  19. Astra Life Edukasi Perencanaan Keuangan
  20. BERITA FOTO – Program Terbaru Produk Asuransi
  21. Bersiap Hidup Berdampingan dengan Covid-19, Allianz Life Indonesia Optimalkan Digitalisasi
  22. Allianz Kembali Edukasi Masyarakat untuk Hidup Sehat di Masa Pandemi
  23. Pemegang Polis Jatuh Tempo Dinilai Perlu Ikut Pilih BPA Bumiputera
  24. BPJS Kesehatan Dongkrak Kolektibilitas Iuran Pekerja Informal

TENTANG AAJI

AAJI: Inklusi Asuransi Bantu Pemulihan Ekonomi

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) bersama dengan regulator serta pemangku kepentingan lainnya dalam industri keuangan non bank (IKNB) menguatkan komitmennya dalam mendorong literasi keuangan dan asuransi melalui kegiatan seri kampanye literasi yang masif, dengan melibatkan masyarakat dari berbagai kalangan di Bulan Inklusi Keuangan (BIK), selama bulan Oktober ini.

Pasardana.id/21-10-2021

AAJI: Hanya 6,5 Persen Penduduk Indonesia Miliki Asuransi Jiwa

Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia(AAJI) Budi Tampubolon meyakini, bahwa kampanye inklusi dan literasi asuransi yang masif masih perlu dilakukan karena faktanya baru sekitar 6,5 persen penduduk Indonesia yang saat ini memiliki perlindungan asuransi jiwa.

Marketing.co.id/21-10-2021

AAJI: Peningkatan Inklusi Asuransi Perkuat Pemulihan Ekonomi Masyarakat

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) bersama dengan regulator serta pemangku kepentingan lainnya dalam industri keuangan non bank (IKNB) menguatkan komitmennya dalam mendorong literasi keuangan dan asuransi melalui kegiatan seri kampanye literasi yang masif dengan melibatkan masyarakat dari berbagai kalangan di Bulan Inklusi Keuangan (BIK), selama bulan Oktober ini.

Industry.co.id/21-10-2021

INDUSTRI & ASURANSI

Asuransi Unit Link Dikeluhkan Masyarakat, Pimpinan DPR Minta Polisi Tindak Tegas

Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menerima banyak aduan masyarakat terkait kasus asuransi unit link . Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad meminta kepolisian segera bergerak cepat karena kasus tersebut telah menelan banyak korban.

Liputan6.com/21-10-2021

DPR Soroti Kasus Kerugian Investasi Nasabah Asuransi yang Terhubung dengan Produk

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menerima keluhan dan aduan dari masyarakat terkait dengan masih maraknya kasus kerugian investasi nasabah asuransi yang terhubung dengan produk asuransi ( unit link ).

Liputan6.com/21-10-2021

Wakil Ketua DPR Minta Polri Tindak Tegas Asuransi Unit Link

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad meminta Polri menindak tegas asuransi unit link. Ia mengatakan, sudah banyak aduan dan keluhan dari masyarakat yang disampaikan kepada dirinya terkait asuransi unit link ini.

Republika.co.id/21-10-2021

Dasco Desak Polri Tindak Tegas Asuransi

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menerima keluhan dan aduan dari masyarakat terkait dengan masih maraknya kasus kerugian investasi na-sabah asuransi yang terhubung dengan produk asuransi (unit link).

Banten Pos/22-10-2021

Masyarakat Keluhkan Produk Asuransi Unit Link, Pimpinan DPR Minta Polri Tindak Tegas

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menerima keluhan dan aduan dari masyarakat terkait dengan masih maraknya kasus kerugian investasi nasabah yang terhubung dengan produk asuransi (unit link).

Tribunnews.com/21-10-2021       

Pimpinan DPR Terima Aduan soal Unit Link, Minta Polri Bergerak

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menerima aduan masyarakat terkait asuransi unit link. Dia meminta polisi bergerak mengusut hal itu.

Detik.com/21-10-2021

Produk Asuransi Unit Link Dikeluhkan  Masyarakat

Wakil Ketua DPR RI, Sufi Dasco Ahmad menerima keluhan dan aduan dari masyarakat terkait dengan 'masih maraknya kasus kerugian investasi nasabah asuransi yang terhubung dengan produk asuransi jenis unit link.

Suara Merdeka/22-10-2021

Asuransi Unit Link Ini Berikan Perlindungan Jiwa hingga Usia 100 Tahun

Asuransi FWD Insurance Indonesia menggandeng Commonwealth Bank Indonesia untuk meluncurkan produk unit link terbarunya yakni FWD Treasury Armor Link. Produk FWD Treasury Armor Link adalah adalah produk asuransi unit link memberikan perlindungan jiwa hingga usia 100 tahun. Tapi juga bisa untuk mendapatkan hasil investasi di akhir masa perlindungan.

Okezone.com/21-10-2021

Pahami Kebutuhan Diri Sebelum Membeli Produk Asuransi

Direktur, Chief of Operations, Product Proposition & Syariah PT FWD Insurance Indonesia (FWD Insurance) Ade Bungsu tak menampik banyak produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi, termasuk kerja sama yang ditawarkan melalui perbankan yang disesuaikan dengan kebutuhan para nasabah.

Medcom.id/21-10-2021

Mau Beli Asuransi Unit Link? Pahami Dulu Alokasi Biaya dari Preminya

Produk asuransi jiwa unit link memberikan dua manfaat, yaitu perlindungan serta potensi hasil investasi, yang tentunya memiliki resiko sesuai dengan jenis dana investasi yang dipilih. Jadi nasabah tidak lagi direpotkan mengurus dana investasi dan dana perlindungan secara terpisah. Selain itu, asuransi jiwa unit link sangat fleksibel karena dapat menambah manfaat.

Detik.com/21-10-2021

Pembatalan Polis Masih Terus Mendaki

Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) hingga semester 1-2021 yang lalu, tercatat data klaim surrender asuransi jiwa meningkat sebesar 2,5% secara year on year (yoy). Yakni dari Rp 42,29 triliun menjadi Rp 43,35 triliun. Direktur Utama BRI Life Iwan Pasila mengatakan, yang mengembalikan klaim surrender umumnya berasal dari portofolio unitlink. Sementara BNI Life Insurance (BNI Life) justru mengalami penurunan klaim surrender.

Kontan/22-10-2021

Klaim tebus polis asuransi jiwa masih terus meningkat di tengah pandemi

Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) hingga semester 1-2021 yang lalu, tercatat data klaim surrender asuransi jiwa meningkat sebesar 2,5% secara year on year (yoy). Yakni dari Rp 42,29 triliun menjadi Rp 43,35 triliun. Direktur Utama BRI Life Iwan Pasila mengatakan, yang mengembalikan klaim surrender umumnya berasal dari portofolio unitlink. Sementara BNI Life Insurance (BNI Life) justru mengalami penurunan klaim surrender.

Kontan.co.id/21-10-2021

Bujet Ideal dari Gaji untuk Beli Asuransi

Pendiri sekaligus Direktur OneShildt Financial Planning Budi Raharjo mengatakan kasus Wanda bukan cerminan buruk bagi seseorang untuk tidak perlu memiliki asuransi. Sebab, menurutnya, manfaat asurnasi tetap besar bila perencanaannya matang dan digunakan dengan cermat.

Cnnindonesia.com/21-10-2021

Menilik Pentingnya Asuransi Bagi Generasi Sandwich

Presiden Direktur Astra Life Windawati Tjahjadi mengungkapkan, pihaknya ingin mengajak generasi milenial yang termasuk dalam Sandwich Generation untuk memulai perubahan menjadi Sandwich Generation yang lebih baik dengan memiliki perencanaan keuangan demi mencapai kesiapan finansial.

Kompas.com/21-10-2021

Astra Life Edukasi Perencanaan Keuangan

PT Astra Life. Teranyar memberikan edukasi akan pentingnya perencanaan keuangan bagi Sandwich Generation. 83,6% 'Sandwich Generation di Indonesia percaya kalau mereka mampu merawat tanggungan dengan baik, namun faktanya hanya 13,4% yang memiliki kesiapan finansial dalam memenuhi kebutuhan pokok, menabung, dan berinvestasi. PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) menginisiasi kampanye #Better-SandwichGen - Dimulai Dari Kamu.

Ekonomi Neraca/22-10-2021

Ini Yang Terjadi Jika Perusahaan Asuransi Bangkrut

Perlu diketahui dalam Undang-undang (UU) No 2 Tahun 1992 Tentang Usaha Perasuransian, dimana pada Bab X mengenai Kepailitan dan Likuidasi, Pasal 20 ayat 2 mengatakan bahwa hak pemegang polis atas pembagian harta kekayaan perusahaan asuransi kerugian atau perusahaan asuransi jiwa yang dilikuidasi merupakan hak utama. Jika perusahaan asuransi yang program asuransinya anda ikuti mengalami pailit atau dilikuidasi maka anda punya hak utama atas pembagian kekayaan perusahaan asuransi tersebut.

Tagar.id/21-10-2021

BERITA FOTO – Program Terbaru Produk Asuransi

Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) menyediakan rangkaian produk perlindungan yang dikaitkan dengan investasi (unitlink) yang dipasarkan melalui jalur distribusi bank dan direct business Astra Life maupun produk asuransi jiwa dan kesehatan tradisional. Penjualan tersebut dengan kemudahan layanan digital.

Kontan/22-10-2021

Bersiap Hidup Berdampingan dengan Covid-19, Allianz Life Indonesia Optimalkan Digitalisasi

PT Asuransi Allianz Life Indonesia terus mengedepankan inovasi di saat pandemi covid-19 masih belum bertransformasi menjadi endemi. Salah satu inovasi yang digencarkan yakni optimalisasi digital yang harapannya bisa memutus mata rantai penyebaran virus mematikan itu karena digitalisasi mampu mengurangi mobilitas. Head of Employee Benefits Allianz Life Indonesia Nicolaus Satya Bharata mengatakan sejauh ini Allianz Life Indonesia terus memberi dukungan terhadap upaya pemerintah memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Medcom.id/21-10-2021

Allianz Kembali Edukasi Masyarakat untuk Hidup Sehat di Masa Pandemi

Allianz Indonesia senantiasa berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19. Nicolaus Satya Bharata, Head of Employee Benefits Allianz Life Indonesia mengatakan, Allianz Indonesia tidak hanya berkomitmen untuk menyediakan solusi perlindungan dan layanan asuransi yang dapat memenuhi kebutuhan nasabah, namun juga secara berkelanjutan berbagi informasi dan edukasi kepada nasabah maupun masyarakat

Mix.co.id/21-10-2021

Pemegang Polis Jatuh Tempo Dinilai Perlu Ikut Pilih BPA Bumiputera

Pemegang polis jatuh tempo yang haknya belum dibayarkan dinilai perlu ikut memilih anggota Badan Perwakilan Anggota (BPA) Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera (AJBB) 1912. Direktur Riset CORE Indonesia Piter Abdullah Redjalam menyampaikan, setiap langkah penyelesaian permasalahan Bumiputera sangat menentukan. Apalagi upaya itu kini telah mendekati titik terang dengan disepakatinya pembentukan panitia pemilihan anggota BPA.

Investor.id/21-10-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.080.00

IHSG (per 21 Oktober 2021)

6.632,97

BI Rate

3,50%

 

 

 

 

 

Sumber Media:

Kontan.co.id, kompas.com, Investor Daily, Kontan, Kompas, wartaekonomi.co.id, cnbcindonesia.com, kompas.com, bisnis.com, Bisnis Indonesia, investing.com

DOWNLOAD PDF