AAJI Daily News - 25 November 2021


Kamis 25 November 2021                                                                                                                                    

FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

  1. Tahun Depan, Asuransi Jiwa Memasang Target Tinggi
  2. Mitigasi Risiko Dengan Berasuransi
  3. Pada kuartal III 2021, Astra Life bukukan pertumbuhan premi 58%
  4.  Astra Life Bukukan Pertumbuhan Premi 58 Persen
  5.  Kuartal III-2021, Astra Life Bukukan Pertumbuhan Premi 58%
  6. Kinerja Astra Life Menanjak
  7. Kuartal III, Premi Astra Life Tumbuh 58%
  8. Astra Life Catatkan GWP Tumbuh 58%
  9. Bidik Kaum Miliniel, BCA Life Kerja Sama Dengan Qoala
  10. BCA Life Gandeng Qoala untuk Kejar Pasar Asuransi Milenial
  11. Sasar Milenial, Asuransi Digital BCA Life Mulai Rp 40 Ribu
  12. Memiliki Asuransi Jiwa: Dasar Memutus Rantai Sandwich Generation
  13. Pentingnya Tambahan Literasi Keuangan dalam Kurikulum Sekolah Secara Formal
  14. FWD Insurance Resmikan Kantor Pemasaran Baru di Jakarta
  15. IFG Life Siap Layani Nasabah eks Jiwasraya
  16. BERITA FOTO - IFG Life Siap layani Nasabah eks Jiwasraya
  17. Resmikan Customer Center, IFG Life Siap Layani Eks-Nasabah Jiwasraya
  18. OJK Godok Kebijakan Countercyclical Lanjutan bagi IKNB
  19. OJK: Digitalisasi di Industri Keuangan Nonbank Bakal Makin Menggeliat

INDUSTRI & ASURANSI

Tahun Depan, Asuransi Jiwa Memasang Target Tinggi

Data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJ1), adanya peningkatan total jumlah polis perorangan naik 18,4% menjadi 3,1 juta polis. Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu memperkirakan bahwa permintaan asuransi akan mendapat manfaat dari momentum pertumbuhan di masa depan, meski inflasi tetap menjadi perhatian. BNI Life menargetkan perolehan premi di atas Rp 5 triliun di tahun depan. BNI Life juga masih terus berfokus pada penjualan produk regular dan unitlink. BRI Life juga memproyeksikan di tahun 2022 bisa terus bertumbuh. Total pendapatan premi bruto mencapai Rp 5,5 triliun, tumbuh 12% secara tahunan per Oktober 2021.

Kontan/25-11-2021

Mitigasi Risiko Dengan Berasuransi

Perencana Keuangan Safir Senduk menilai, meskipun asuransi manfaatnya hanya akan terasa apabila terjadi musibah, dengan memiliki polis asuransi bisa memitigasi risiko sehingga dana untuk kesehatan tidak mengganggu porsi dana yang diinvestasikan seperti tabungan. Pemilikpolis asuransi juga tak perlu menjual asetnya untuk biaya berobat. Dia pun mendorong agar para pihak terkait asuransi untuk terus meningkatkan literasi berasuransi masyarakat mengingat  manfaatnya yang sangat besar

Koran Sindo/25-11-2021

Pada kuartal III 2021, Astra Life bukukan pertumbuhan premi 58%

PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) melanjutkan pertumbuhan positif di kuartal III tahun 2021. Terlihat dari pertumbuhan Gross Written Premium/GWP sebesar 58% dibandingkan kuartal yang sama di tahun 2020 yaitu Rp 4 triliun dengan total tertanggung mencapai 3,4 juta per September 2021. Windawati Tjahjadi, Presiden Direktur Astra Life mengungkapkan, pencapaian positif Astra Life di kuartal III tahun 2021 sejalan dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya memiliki proteksi serta kondisi perekonomian Indonesia yang mulai pulih pasca vaksinasi COVID-19 secara nasional.

Kontan.co.id/24-11-2021

Astra Life Bukukan Pertumbuhan Premi 58 Persen

Asuransi jiwa Astra (Astra Life) membukukan pertumbuhan positif pada kuartal III 2021. Pertumbuhan ini sejalan dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya memiliki proteksi serta kondisi perekonomian Indonesia yang mulai pulih pasca vaksinasi Covid-19 secara nasional. Presiden Direktur Astra Life, Windawati Tjahjadi mengungkapkan, pencapaian positif Astra Life di kuartal III tahun 2021 terlihat dari pertumbuhan Gross Written Premium/GWP sebesar 58 persen dibandingkan kuartal yang sama di tahun 2020 yaitu Rp 4 triliun dengan total tertanggung mencapai 3,4 juta per September 2021.

Republika.co.id/24-11-2021

Kuartal III-2021, Astra Life Bukukan Pertumbuhan Premi 58%

PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) melanjutkan pertumbuhan positif di kuartal III-2021 sejalan dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya memiliki proteksi serta kondisi perekonomian Indonesia yang mulai pulih pasca vaksinaksi Covid-19 secara nasional. Presiden Direktur Astra Life Windawati Tjahjadi mengungkapkan, pencapaian positif Astra Life di kuartal III-2021 terlihat dari pertumbuhan Gross Written Premium/GWP sebesar 58% dibandingkan kuartal yang sama di 2020 yaitu Rp 4 triliun dengan total tertanggung mencapai 3,4 juta per September 2021.

Investor.id/24-11-2021

 

Kinerja Astra Life Menanjak

Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) melanjutkan pertumbuhan positif di kuartal III tahun 2021. Terlihat dari pertumbuhan gross written premium sebesar 58% dibandingkan kuartal yang sama di tahun 2020 yaitu Rp 4 triliun. Adapun total tertanggung mencapai 3,4 juta per September 2021. Selain itu, secara total aset juga bertumbuh 22% mencapai Rp 6,9 triliun.

Kontan/25-11-2021

Kuartal III, Premi Astra Life Tumbuh 58%

PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) mencatat pertumbuhan premi gross sebesar 58% secara tahunan (year on year/yoy) menjadi Rp 4 triliun. Pada saat yang sama, perusahaan mencatat klaim dibayarkan Rp 517 miliar, dengan Rp 133 miliar tercatat sebagai klaim terkait Covid-19. Presiden Direktur Astra Life Windawati Tjahjadi mengungkapkan, Astra Life melanjutkan pertumbuhan positif di kuartal III-2021. Sejalan dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya memiliki proteksi serta kondisi perekonomian Indonesia yang mulai pulih pascavaksinasi Covid-19 secara nasional.

Investor Daily/25-11-2021

Astra Life Catatkan GWP Tumbuh 58%

Di kuartal tiga 2021, PT Asuransu Jiwa Astra (Astra Life) mencatatkan pertumbuhan positif kinerja keuangan. Dimana perseroan membukukan pertumbuhan gross written premium (GWP) sebesar 58% dibandingkan priode yang sama tahun lalu yaitu Rp 4 triliun dengan total tertanggung mencapai 3,4 juta per September 2021.

Ekonomi Neraca/25-11-2021

 

Bidik Kaum Miliniel, BCA Life Kerja Sama Dengan Qoala

PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life) mengembangkan kerja sama pemasaran dengan PT Archor Technology Digital (Qoala), khususnya produk yang dipasarkan lewat jalur digital. Pada kerja sama ini, produk yang diperkenalkan adalah produk asuransi jiwa berjangka, BCA Life Perlindungan Jiwa yang menyasar anak-anak muda di Indonesia.

Mediaindonesia.com/24-11-2021

BCA Life Gandeng Qoala untuk Kejar Pasar Asuransi Milenial

PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life) & PT Archor Technology Digital (Qoala) melakukan kerja sama pemasaran produk digital BCA Life melalui platform Qoala yang dapat diakses melalui aplikasi dan website Qoala. Kerja sama ini untuk menargetkan milenial yang belum tersentuh produk asuransi.

Republika.co.id/24-11-2021

Sasar Milenial, Asuransi Digital BCA Life Mulai Rp 40 Ribu

PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life) & PT Archor Technology Digital (Qoala) pada hari ini melakukan kerja sama pemasaran produk digilai BCA Life melalui platform Qoala yang dapat diakses melalui aplikasi Qoala atau website di https:// www.cpala. app/id.

Tribun Timur/24-11-2021

Memiliki Asuransi Jiwa: Dasar Memutus Rantai Sandwich Generation

PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life) menginisiasi kampanye #BetterSandwichGen - Dimulai Dari Kamu. Presiden Direktur Astra Life, Windawati Tjahjadi, mengatakan, melalui kampanye ini, Astra Life ingin mengajak generasi milenial yang termasuk dalam untuk memulai perubahan menjadi yang lebih baik dengan memiliki perencanaan keuangan demi mencapai kesiapan finansial.

Kumparan.com/24-11-2021

Pentingnya Tambahan Literasi Keuangan dalam Kurikulum Sekolah Secara Formal

PT Asuransi Allianz Life Indonesia menilai penerapan teknologi pada industri asuransi nasional bisa dimanfaatkan salah satunya untuk penyampaian informasi dan edukasi kepada masyarakat, mengenai produk asuransi Selain pemanfaatan teknologi untuk mencapai inklusi asuransi yang lebih baik lagi di Indonesia perlu adanya tambahan literasi keuangan dalam kurikulum sekolah secara formal.

Koran-jakarta.com/24-11-2021

FWD Insurance Resmikan Kantor Pemasaran Baru di Jakarta

 PT FWD Insurance Indonesia atau FWD Insurance meresmikan kantor pemasaran baru di Jakarta. Kantor ini berlokasi di Soho Capital lantai 12, Jalan Letjen S Parman Kav 28, Grogol Selatan, Jakarta Barat. Melalui kantor baru tersebut, FWD Insurance ingin memperkuat posisinya dengan mendekatkan diri kepada konsumen. Dengan demikian, FWD dapat menyediakan asuransi jiwa bagi setiap elemen masyarakat.

Kompas.com/24-11-2021

IFG Life Siap Layani Nasabah eks Jiwasraya

PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) meresmikan customer center Kantor Pusat IFG Life sebagai bentuk kesiapan operasional perseroan dalam menjalankan bisnis dan menerima proses transfer polis migrasi dari PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

Tribunnews.com/24-11-2021

BERITA FOTO - IFG Life Siap layani Nasabah eks Jiwasraya

PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) meresmikan Customer Center kantor Pusat IFG Life sebagai bentuk kesiapan operasional perseroan dalam menjalankan bisnis dan menerima proses transfer polis migrasi dari PT Asuransi Jiwasraya (Persero). 

Koran Sindo/25-11-2021

Resmikan Customer Center, IFG Life Siap Layani Eks-Nasabah Jiwasraya

PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) meresmikan Customer Center yang berlokasi di Lantai 8 Gedung Graha Niaga, Jakarta. Kantor pusat pelayanan untuk nasabah ini dipersiapkan IFG Life untuk para calon nasabah baru maupun nasabah yang merupakan pemegang polis eks Jiwasraya.

Investor Daily/25-11-2021

REGULASI & EKONOMI MAKRO

OJK Godok Kebijakan Countercyclical Lanjutan bagi IKNB

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan sedang menggodok kebijakan countercyclical lanjutan bagi industri keuangan non bank (IKNB) yang akan berlaku sampai dengan April 2023. Kebijakan itu juga diharapkan bisa meredam dampak dari tappering off , mengingat 70-80% investasi IKNB ditempatkan pada pasar modal. Kepala Eksekutif Pengawas IKNB Otoritas Jasa Keuangan Riswinandi menyampaikan, rencananya kebijakan itu akan diberlakukan sampai dengan periode April 2023.

Investor.id/24-11-2021

OJK: Digitalisasi di Industri Keuangan Nonbank Bakal Makin Menggeliat

Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non-Bank Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Riswinandi menilai penggunaan teknologi informasi dalam melakukan transaksi keuangan maupun operasional di sektor industri keuangan non-bank (IKNB) akan semakin menggeliat. Guna mendorong mitigasi risiko IT yang lebih optimal oleh pelaku sektor IKNB, OJK telah menerbitkan aturan POJK 4/2021 tentang Manajemen Risiko Teknologi Informasi Oleh Lembaga Jasa Keuangan Non-Bank, yang mencakup perusahaan perasuransian, dana pensiun, lembaga pembiayaan, dan penyelenggara fintech lending.

Bisnis.com/24-11-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.272.00

IHSG (per 24 November 2021)

6.694,96

BI Rate

3,50%

 

 

 

 

 

Sumber Media:

Kontan.co.id, kompas.com, Investor Daily, Kontan, Kompas, wartaekonomi.co.id, cnbcindonesia.com, kompas.com, bisnis.com, Bisnis Indonesia, investing.com

DOWNLOAD PDF